Sabar itu INDAH...Sebaik - baiknya teman duduk adalah BUKU...(RDC.IS) RDC.Is: Penggunaan Dan Perawatan Mikroskop





Penggunaan Dan Perawatan Mikroskop


PENGGUNAAN MIKROSKOP

        Sebelum melakukan pemeriksaan dengan menggunakan mikroskop cahaya maka harus memperhatikan langkah-langkah berikut :
  • Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada persis di hadapan pengguna.agar lebih mudah melakukan pengamatan melalui tabung mikroskop. Pastikan mikroskop terletak pada tempat yang aman, atur pencahayaan dan peralatan yang telah siap dipakai, kemudian lakukan pengaturan pencahayaan.
  • Setelah pengaturan pencahayaan, maka untuk dapat melihat objek (preparat/ sediaan) melalui mikroskop gunakan lensa objektif. Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver.
  • Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat ( lapangan pandang ).
  • Letakkan kaca benda ( object glass ) beserta objek yang akan diamati (preparat/sediaan) pada meja objek. Aturlah posisi kaca benda sehingga objek yang akan diamati berada pada lapangan pandang. Jepitlah kaca benda dengan penjepit yang terletak di atas meja objek. Sambil melihat dari samping, turunkan lensa objektif secara perlahan dengan menggunakan pemutar kasar hingga jarak lensa objektif dan preparat yang diamati kira-kira 5 mm. Pada beberapa mikroskop, yang naik turun bukan lensa objektifnya tetapi meja objek (Hati-hati.! Jangan sampai lensa objektif menyentuh/ membentur gelas benda. Hal ini dapat menyebabkan lensa objektif tergores).
  • Aturlah fokus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil di lihat dari lensa okuler.Untuk mempertajam putarlah pemutar halus .Apabila bayangan obyek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik.Usahakan agar posisi preparat tidak bergeser. Bila hal ini terjadi maka kamu harus mengulangi dari awal.
  • Apabila telah selesai menggunakan, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab

PERAWATAN MIKROSKOP

A. CARA MEMBAWA MIKROSKOP 

     Cara membawa mikroskop dengan baik adalah : 
  • Pegang tangkainya dengan tangan kanan dan letakkan tangan kiri untuk menopangnya. 
  • Jangan mengayun, melambungkan, atau menggetarkannya sewaktu meletakkan mikroskop. 
  • Jangan mengangkat mikroskop pada tubuh tabungnya, karena akan ada bagian yang lepas atau jatuh apabila hal ini di lakukan. 

B. PERAWATAN MIKROSKOP 

     Mikroskop merupakan peralatan biologi yang perlu dirawat dengan baik. 
  • Mikroskop yang telah selesai dipakai harus dibersihkan, pakailah penutup plastik atau masukkan pada kotaknya agar terhindar dari debu. 
  • Simpan pada tempat yang kering dan usahakan dalam lemari yang dilengkapi dengan lampu untuk mengurangi kelembaban. 
  •  Lensa yang kotor harus dibersihkan dengan kain lembut, kapas pengisap atau kertas lensa yang telah dibasahi dengan air bersabun, alkohol, atau xilol. Lakukan dengan hati-hati karena lensa mudah tergores, yang dapat mengakibatkan pengamatan menjadi kurang jelas.






SUMBER PUSTAKA : Ensiklopedi indonesia ,Petunjuk Pemeriksaan Laboratorium Puskesmas  depkes 1991 ,Dan berbagai Sumber